ULAT BULU SERANG 6 KABUPATEN DI BALI

Written By Hendrik Ssi on Thursday, April 14, 2011 | 1:33 PM

Hama ulat bulu sudah menyerang 6 kabupaten dari 9 kabupaten/kota yang ada di Bali. Hingga kini Dinas pertanian dan Tanaman Pangan Bali sudah berhasil mengidentifikasi 3 jenis ulat bulu yang berbeda.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Bali I Made Putra Suryawan, di Renon Denpasar (13/4/2011).


"Saat ini hama ulat bulu sudah ada di 6 kabupaten yakni Buleleng, Denpasar, Gianyar, Jembrana, Karangasem dan Klungkung. Sementara di 3 kabupaten lain yakni Bangli, Tabanan, dan Badung, belum ditemukan serangan hama ulat bulu," jelas Putra.

Hingga saat ini Dinas Pertanian Bali masih meneliti jenis ulat bulu yang menyerang 6 kabupaten di Bali. Meski sudah berhasil mengidentifikasi 3 jenis ulat bulu yang berbeda, namun belum diketahui pasti jenisnya karena masih dalam penelitian.

"Kita juga belum bisa memastikan apakah ulat bulu ini sama atau berasal dari Pulau Jawa. Masih sedang kita teliti," ujarnya.

Lalu bagaimana ulat bulu ini bisa menyebar cepat dari satu kabupaten ke kabupaten lain di Bali?

"Kemungkinan penyebarannya lewat lampu mobil. Ulat yang sudah jadi kupu-kupu nempel di lampu mobil dan ikut terbawa mobil itu. Setelah lampu mobil mati, maka kupu-kupu yang kemudian menelurkan ulat bulu ikut turun di tempat mobil itu berhenti," jelasnya.

Ulat bulu juga sudah sampai di Pulau Nusa Penida Klungkung, yang terpisah dari daratan Bali.

"Ulat bulu bisa sampai di Pulau Nusa Penida Klungkung karena ikut terbawa lampu kapal laut yang menyeberang ke sana," ujarnya.
sumber: beritabali.com
SHARE

About Hendrik Ssi

0 comments :

Post a Comment