Flickr Images

Sunday, April 24, 2011

MAKANAN BALI MEMANG MAKNYOS

Ngomongin makanan dari daerah Bali, kebanyakan orang pasti tahu Ayam Betutu dan bagi yang boleh makan babi pasti sudah tidak asing lagi dengan Nasi be guling. Jika anda main ke Bali, makanan ini pasti menjadi menu pavorit. Namun, sebenarnya ada beberapa makanan dari daerah bali yang tidak kalah lezat alias maknyos, diantaranya :

1. JUKUT UNDIS
Selain di daerah Bali saya tidak tahu, apakah ada "jukut undis" atau tidak, yang pasti jukut undis sangat terkenal di Bali, hampir seluruh masyarakat bali pernah makan yang namanya Jukut undis. Jukut undis biasanya dimasak dengan campuran bumbu bawang merah, bawang putih, lengkuas, cabe, garam dan daun salam. Kuah undis berwarna kehitam-hitaman dan aromanya yang khas membuat nafsu makan anda meningkat. Nah, kalau kamu penasaran pingin makan jukut undis datang aja ke bali dan cari rumah makan yang menjual jukut undis, dijamin ketagihan.

2. SATE PLECING
Mungkin anda pernah mendengar makanan bali yaitu plecing kangkung, yaitu kangkung dengan bumbu yang nikmat. Menu yang satu ini adalah sate plecing yang terbuat dari daging babi; karena sebagian besar masyarakat bali tidak makan sapi, so daging yang umum dipakai adalah babi. Dengan bumbunya yang khas sate ini digemari oleh banyak orang. Penasaran?

3. SATE LILIT
Sate lilit adalah makanan yang terbuat dari campuran udang, ikan dan kelapa parut dicampur bumbu-bumbu kemudian adonan tersebut dililitkan ke tusuk sate yang ujungnya dibuat agak besar, kemudian dibakar di atas pemanggangan sampai berwarna kuning kecoklatan.

hmm, anda dapat mencicipi 3 menu di atas apabila anda berkunjung ke bali. Rasanya dijamin maknyos, uenak, mantap, lezat, dan dahsyat.

0 comments:

Post a Comment