Flickr Images

Monday, April 18, 2011

GUNUNG AGUNG

Gunung Agung adalah gunung tertinggi di Bali yang terletak di kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem - Bali. Walaupun sering ditutupi oleh awan dan kabut namun jika hari cerah puncak gunung dapat dilihat dari hampir seluruh tempat di wilayah Selatan dan Timur Bali. Puncak tertinggi Gunung Agung terletak di bagian barat daya, tepatnya di atas Pura Besakih.

Tinggi Gunung Agung diperkirakan 3.142 mdpl, namun setelah terjadinya letusan pada tanggal 17 Maret 1963 Gunung Agung kehilangan sebagian puncaknya, dan sekarang ketinggiannya menjadi 3.014 mdpl.

Masyarakat Hindu Bali percaya bahwa Gunung Agung adalah tempat bersemayamnya dewa-dewa, dan juga masyarakat mempercayai bahwa digunung ini terdapat istana dewata. Oleh karena itu, masyarakat bali menjadikan tempat ini sebagai tempat kramat yang disucikan. Disarankan bagi para pendaki untuk tidak membawa makanan berbahan sapi.

Jalur pendakian melalui Pura Besakih adalah jalur umum/normal yang kebanyakan dipilih oleh para pendaki. Melalui jalur ini anda akan mendapat suguhan pemandangan Gunung Agung yang mengesankan dari sepanjang perjalanan. Juga akan menyaksikan masyarakat setempat yang melakukan peribadatan rutin di Pura Besakih.

0 comments:

Post a Comment