Home » , » SAPI BALI SAPI DWI GUNA

SAPI BALI SAPI DWI GUNA

Written By Hendrik Ssi on Tuesday, April 26, 2011 | 12:44 PM

Sapi Bali adalah hewan khas Bali yang merupakan keturunan dari BOS Banteng yang berhasil dijinakkan dan mengalami perkembangan pesat di pulau Bali dan hingga saat ini masih hidup liar di Taman Nasional Bali Barat.

Dari ukurannya, sapi Bali mempunyai ukuran sedang, dadanya dalam, tidak berpunuk dan kaki-kakinya ramping. Kulitnya berwarna merah bata. Cermin hidung, kuku dan bulu ujung ekornya berwarna hitam. Kaki di bawah persendian karpal dan tarsal berwarna putih. Kulit berwarna putih juga ditemukan pada bagian pantatnya dan pada paha bagian dalam kulit berwarna putih tersebut berbentuk oval (white mirror). Pada punggungnya selalu ditemukan bulu hitam membentuk garis (garis belut) memanjang dari gumba hingga pangkal ekor.

Sapi Bali merupakan hewan dwi guna (pekerja dan potong). Sebagai hewan pekerja, sapi Bali biasanya dipakai untuk membajak sawah, dan sebagai hewan potong, sapi Bali sudah terkenal sehingga salah satu rumah makan di Jakarta memberi nama tempat makannya dengan nama Warung sapi Bali.

Gambar: malesbanget.com
SHARE

About Hendrik Ssi

0 comments :

Post a Comment