BUNGA KAMBOJA SI JEPUN BALI

Bunga kamboja adalah tanaman yang berasal dari Amerika Tengah. Walaupun berasal dari tempat yang jauh, bunga ini sangat populer di Bali dengan sebutan "bunga jepun". Bunga jepun di Bali dipakai untuk keperluan upacara agama.

Selain itu, bunga berkelopak lima yang tumbuh di kuburan ini mempunyai banyak manfaat, diantaranya:
1. Bunga kamboja dapat diseduh dengan teh atau tanpa teh, yang dipercaya dapat memberikan efek adem dan baik untuk pencernaan.
2. Bunga kamboja dapat dimasak sebagai pelengkap sayuran yang memberikan citarasa sedap.
3. Daun Kamboja bisa mengobati bisul bernanah. Caranya, ambillah daun Kamboja yang diolesi minyak kelapa kemudian tempelkan pada bagian yang sakit.

Selain dimanfaatkan untuk keperluan upacara agama, bunga kamboja atau bunga jepun memiliki nilai jual yang menjanjikan. Di pasaran, kamboja kering perkilo nya dihargai antara Rp 20.000 – Rp 40.000.
Dulu, bunga jepun yang berjatuhan berakhir di tempat sampah, tapi sekarang, bunga jepun yang gugur kemudian dikeringkan dan dijemur di bawah terik matahari selama 3 - 5 hari. Setelah kering, bunga ditumbuk dan diolah menjadi serbuk. Bahan baku ini dapat langsung dijual kepada pengrajin untuk campuran pewangi, dupa, dan campuran lulur di salon kecantikan.
Wah, ternyata bunga kamboja si jepun bali ini sekalipun tumbuh di kuburan yang terkesan angker dan mengerikan ternyata mempunyai manfaat dan nilai jual tinggi.

8 comments:

  1. Banyak Juga Manfaat Bunga Kamboja Ya?

    ReplyDelete
  2. Apa perbedaan Bunga Kamboja dari Amerika tengah dan lokal, apakah kasiat nya sama

    ReplyDelete
  3. Tradisi adat bali selalu indentik dengan bunga

    ReplyDelete
  4. @all: thanks sudah berkunjung,
    @hidayat: tumbuhan ini memang berasal dari Amerika tengah tapi telah menyebar sampai ke Bali. http://id.wikipedia.org/wiki/Kemboja

    ReplyDelete
  5. Informasi yang bagus, terima kasih gambarnya..

    ReplyDelete
  6. Info yg bagus,
    kunjungi : jualjepunbali.blogspot.com
    untuk info yg terbaru

    ReplyDelete
  7. Tanaman ini ditemukan (secara ilmiah) di Amerika Tengah oleh orang Perancis, namun bukan berarti Plumeria berasal dr Amerika Tengah. Bahkan menurut penelitian (silahkan search di google) Plumeria yg berwarna putih dengan bintik kuning di tengah (Jepun Bali) diduga asli Indonesia

    ReplyDelete