Flickr Images

Saturday, April 23, 2011

KAMBING HOBI NGOPI

Manusia punya kebiasaan minum kopi tentu sudah biasa. Namun di Denpasar Bali, 3 ekor kambing juga punya kebiasaan minum kopi.

3 ekor kambing 'nyentrik' ini merupakan kambing kesayangan Sapiah, warga dusun Wana Sari Denpasar atau lebih dikenal dengan Kampung Jawa.

Di sela-sela waktu luangnya, Sapiah kerap memanggil-manggil nama ketiga ekor kambing piaraan miliknya yakni Lusi, Bejo, dan Surip. Saat sedang dipanggil, salah satu kambing yang bernama Lusi menyaut dengan suara ‘mbekkkk’.

Wanita yang berprofesi sebagai pedagang kambing di Kampung Jawa Denpasar ini, memperlakukan ketiga kambing piaraannya, Lusi, Bejo, dan Surip dengan istimewa. Kandang ketiga kambing ini dipisahkan dengan kambing lainnya dan tentu saja lebih bagus dan bersih.

Untuk urusan makan serta minum, ketiga kambing piaraan Sapiah ini punya keistimewaan, yakni makan makanan yang biasa dimakan manusia.

“Kambing saya ini pemakan segalanya mulai nasi, tahu, tempe, roti, sambal, hingga sate kambing. Tapi untuk daging jarang saya kasih karena takut mencret,” jelas Sapiah.

Selain makan makanan yang biasa dimakan manusia, kambing kesayangan Sapiah dan keluarganya ini juga punya kebiasaan unik yakni suka minum kopi hitam.

“Kalau kita lagi minum kopi, kambing-kambing ini biasanya suka minta. Mereka suka sekali minum kopi terutama Lusi,” ujar Sapiah.

Sapiah dan keluarga menyatakan tidak akan menjual ketiga kambing ini hingga tua dan mati. Selain dianggap membawa hoki, Lusi, Bejo, dan Surip sudah dianggap sebagai bagian dari anggota keluarga Sapiah yang menjadi hiburan tersendiri bagi mereka sekeluarga.

“Mereka sudah kami pelihara sejak dari baru lahir dan masih minum susu instant. Saya sudah bersumpah tidak akan menjualnya. Kalau mati mau saya kubur saja,” ujarnya.

sumber: beritabali.com

1 comments:

  1. I have added myself to follow your blog. You are more than welcome to visit my blog and become a follower as well.

    ReplyDelete