Flickr Images

Tuesday, November 30, 2010

MAKANAN & MINUMAN KHAS BALI

Berikut ini adalah makanan dan minuman khas Bali yang menggugah selera dan pastinya tidak mahal alias murah meriah.

1. Es Bir
Minuman satu ini 100% bukan minuman keras atau minuman yang memabukkan. Minuman ini bahan dasarnya adalah kelapa muda dicampur perasan jeruk nipis. Rasanya, Uadem, seger, uenak, nyess, pokoknya fresh banged deh. Es ini banyak dijual di daerah Bali Utara yaitu Singaraja-Buleleng.

2. Bulung
Makanan khas Bali yang satu ini adalah rumput laut yang disajikan dengan parutan kelapa. Ada dua jenis rumput laut (Bulung) yang biasa dijual. Kita dapat membedakan dari warnanya yaitu warna putih dan warna hijau. Kalau anda berminat dan ingin mencicipi bulung datang aja ke Bali.

3. Es Daluman
Mungkin anda pernah melihat atau bahkan menikmati minuman ini, karena minuman ini juga saya temukan di daerah Bandung dengan nama Es Cincau. Kalau di Bali minuman ini namanya Es Daluman, disajikan dengan gula sirup berwarna merah, santan dan es batu. Minuman ini sangat bagus untuk panas dalam. Kalau istilah orang Bali minuman ini membuat tenggorokan menjadi dingin (Tis kololongane).

4. Plecing Kangkung
Plecing kangkung adalah makanan khas daerah Bali yang terbuat dari sayur kangkung dengan bumbu khas bali yang sangat pedas. Untuk dapat menikmati plecing kangkung, anda tak perlu jauh-jauh datang ke Bali, karena plecing kangkung dapat kita jumpai di rumah makan atau restoran Bali yang ada di seluruh nusantara ini.
Menurut saya, plecing kangkung yang dijual di rumah makan / resturan tidak senikmat plecing kangkung buatan ibu saya, he..he.. karena di rumah makan harganya mahal sedangkan buatan ibu saya GRATIS.

Sebenarnya masih banyak makanan khas bali yang tidak kalah uenak dengan harga relatif murah. Tunggu postingan saya selanjutnya ya...

9 comments:

  1. wah makanan nomor 2 kayaknya asyik tuh...gimana rasanya ya ?

    ReplyDelete
  2. Mau pLecing KangKung Nya....

    heheheheeeeeee

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. waaw menarik dan pastinya nikmat nih
    es daluman oke juga tuh kayaknya sob

    ReplyDelete
  5. Bener-bener buat ngiler aja nih makanan+minuman. kapan ya q bisa ke Bali lagi.

    ReplyDelete
  6. wahh jadi pngen cobaa sobb..
    kpan yya aq bisa kke bali... hha*

    ReplyDelete
  7. saya belum pernah ke bali.. malu sama bule yang udah sering ke bali.. :D

    ReplyDelete