Home » , , » Berjemur seharian cuma dapet Rp 5000

Berjemur seharian cuma dapet Rp 5000

Written By Hendrik Ssi on Thursday, November 25, 2010 | 8:10 PM

Jika Anda datang ke Pantai Kusamba, Kabupaten Klungkung, Bali, Anda akan melihat aktivitas puluhan pencari batu sikat yang berjemur di atas hamparan pasir hitam di pinggir pantai. Meski seharian berjemur, penghasilan para pencari batu sikat ini tidak sepadan dengan mahalnya harga batu sikat di pasaran.


Dadong (nenek) Nur merupakan salah satu pencari batu sikat yang rela berjemur di Pantai Kusamba bersama puluhan pencari batu sikat lainnya.

Setiap harinya, wanita tua ini mengaku sudah berjemur mulai pagi hingga sore hari. Di bawah terik matahari, wanita yang berumur sekitar 80-an tahun ini dengan sabar mencari batu sikat yang ada di sepanjang Pantai Kusamba.

Satu persatu butiran batu sikat berwarna hitam mengkilap dikumpulkan Dadong Nur dengan tangan tuanya dan dikumpulkan di dalam wadah dari anyaman bambu.

Meski rela berjemur seharian di bawah terik sinar matahari, penghasilan yang diperoleh Dadong Nur amatlah kecil.

“Batu sikat ini saya jual seharga Rp. 5.000 kepada pengepul. Kalau lagi untung, kadang-kadang bisa dapat Rp 11.000 per hari dengan menjual satu wadah kerontong (kaleng) penuh batu sikat,” kata wanita yang mengaku sudah berusia remaja saat masa penjajahan Jepang ini.

Aktivitas pencarian batu sikat sebenarnya sudah dilarang di beberapa Pantai di Bali karena bisa merusak lingkungan dengan mempercepat terjadinya abrasi pantai.

Namun aktivitas pencarian batu sikat di Pantai Kusamba Klungkung hingga kini belum tersentuh aturan terkait penyelamatan lingkungan.

Sumber: beritabali.com
SHARE

About Hendrik Ssi

5 comments :

  1. Info yang menarik buat dibaca,..
    Saya tunggu Info menarik lainnya
    (saya Sudah follow blog ini ,Supaya saya dapat info menarik lainnya dari blog yang bagus dari pulau indah bali..,,) Salam Blogger dan salam kenal dari Kang Tiar

    ReplyDelete
  2. Terima kasih Kang Tiar, sudah berkunjung di blog Bali. Salam kenal balik.

    ReplyDelete
  3. jadi kangen pngin ke bali lagi. kpan2 boleh mampir ke rumah bli yah, kl ke bali.

    ReplyDelete
  4. boleh..boleh..., terimakasih udah mampir di blog bali.

    ReplyDelete
  5. Makasih udah nitip ,,,gantian numpang istirahat dsini ngadem hehehe

    ReplyDelete