Flickr Images

Saturday, November 13, 2010

ALAS KEDATON MONKEY FOREST

Alas Kedaton adalah sebuah hutan kecil dimana banyak monyet-monyet berkeliaran di sana sehingga tempat ini merupakan tempat wisata yang terkenal dengan nama Alas Kedaton Monkey Forest.

Alas kedaton terletak di Kabupaten Tabanan tepatnya di desa Kukuh Kecamatan Marga kurang lebih 4 km dari kota Tabanan.


Selain monyet atau bojog (dalam bahasa Bali), di alas kedaton juga banyak ibu-ibu yang menawarkan barang dagangannya berupa souvenir.

Dilokasi ini, populasi monyet ada sekitar 300-an ekor dan jinak banget. Mereka hidup bebas diareal hutan sekitar. Ditengah hutan Alas Kedaton, terdapat sebuah pura yg dulu pernah dipakai oleh Raja Bali bertapa sekitar abad IX. Pura ini mempunyai dua keunikan yang sangat menarik. Pertama memiliki empat pintu masuk ke dalam Pura yaitu dari barat yang merupakan pintu masuk utama yang lainnya dari Utara, Timur dan dari Selatan yang kesemuanya menuju ke halaman tengah. Keunikan yang kedua adalah halaman dalam yang merupakan tempat yang tersuci justru letaknya lebih rendah dari halaman tengah dan luar. Upacara piodalan di Pura ini adalah jatuh pada hari Selasa (Anggara Kasih) dau puluh hari setelah Hari Raya Galungan. Yang mana upacara dimaksud dimulai pada siang hari dan harus sudah selesai sebelum matahari terbenam. Pura ini sering pula disebut Pura Alas Kedaton atau Pura Dalem Kahyangan.

Untuk masuk ke tempat wisata ini, setiap pengunjung harus membayar tiket seharga Rp 7.500 untuk wisatawan domestik dan Rp 10.000 untuk turis asing.

1 comments:

  1. Wah alas kedaton ini emang asik sob, saya udah pernah ke bali soalnya.

    ReplyDelete