Home » , , , » KELOMPOK NELAYAN BULELENG MENDAPAT BANTUAN 1 MILYAR

KELOMPOK NELAYAN BULELENG MENDAPAT BANTUAN 1 MILYAR

Written By Hendrik Ssi on Saturday, September 10, 2011 | 5:32 PM

Semarak kemeriahan HUT RI ke-66 yang pada bulan Agustus lalu kini kembali dilanjutkan untuk dapat dirasakan oleh masyarakat Buleleng terutama bagi para nelayan pesisir laut Singaraja. Pasalnya, kegiatan Lomba Perahu Layar se-Kabupaten Buleleng yang rutin diselenggarakan tiap tahunnya oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng kembali diadakan pada hari Kamis (8/9). Dibuka oleh Bupati Buleleng, Drs. Putu Bagiada, MM di pantai Kerobokan Singaraja ditandai dengan penyerahan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp. 1 Milyar kepada 10 kelompok nelayan di Kabupaten Buleleng.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, akan selalu berupaya sekuat tenaga beserta pihak-pihak terkait dalam membangun Buleleng. ”Marilah kita tumbuhkan jiwa bahari para nelayan kita melalui lomba perahu layar mengingat Kabupaten Buleleng memiliki potensi perikanan dan kelautan yang cukup bagus”, terang Bupati Bagiada. Lebih jauh Bupati mengatakan, dengan panjang pantai 157,05 Km dan potensi bahari sebesar 12.358 ton/tahun, sudah selayaknya hal tersebut dikelola dengan baik dan benar untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan, pembudidaya ikan dan kegiatan lain di sektor perikanan dan kelautan.
Sebelumnya dalam laporan ketua panitia Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buleleng Ir. Nyoman Sutrisna, MM yang juga selaku Ketua Panitia Kegiatan Lomba Perahu Layar memaparkan bahwa, tujuan dari lomba perahu layar kali ini ialah untuk menyambut Hari Bahari Nasional yang jatuh pada tanggal 23 September 2011 mendatang, serta dalam meningkatkan kunjungan wisata disamping sebagai hiburan bagi masyarakat umum. Pemerintah Kabupaten Buleleng yang secara continue (berkelanjutan) membangun berbagai sektor, salah satunya sektor perikanan dan kelautan, dengan berbagai upaya baik pendanaan dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi, maupun APBN dan telah terealisasi dalam bentuk bantuan sarana dan prasarana pengawasan dan bantuan sarana dan prasarana pengolahan.
Pada akhir kegiatan Lomba Perahu Layar yang mengambil lokasi finish di Pantai Binaria, Lovina-Singaraja, dengan ketentuan peserta yang mencapai garis finis dalam waktu tercepat tanpa catatan diskualifikasi dari juri, akhirnya pasangan nahkoda Suhri & Mohhamad Alim dari perahu layar Satria Samudra Desa Sangsit keluar sebagai juara pertama, disusul oleh rekan satu timnya, masih dari Satria Samudra, di urutan kedua yang dinahkodai oleh Mukkin & Junaidi, dan pada urutan ketiga pasangan nahkoda Hambali & Hanafi dari Bhineka Samudra Desa Sangsit. Bukan hanya itu saja, setelah penyerahan hadiah kepada para pemenang Lomba Perahu Layar, panitia penyelenggara kegiatan juga mengadakan Door Prize kepada 5 peserta lomba yang beruntung dengan syarat berhasil masuk garis finish. (edi/adt)sumber: http://www.bulelengkab.go.id/arsip-berita/1575-kelompok-nelayan-buleleng-dapat-bantuan-1-milyar-
SHARE

About Hendrik Ssi

0 comments :

Post a Comment