Flickr Images

Thursday, November 11, 2010

Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Ayam betutu adalah makanan tradisional Bali yang sudah mendunia. Dikatakan mendunia, karena ayam betutu dinikmati oleh para wisatawan dari mancanegara. Konon ayam betutu yang paling terkenal yaitu Ayam betutu khas Gilimanuk-Jembrana.

Bagi penggemar Ayam Betutu, tak perlu jauh-jauh datang ke Gilimanuk, karena di bawah ini saya akan menuliskan resep ayam betutu khas Gilimanuk. Semoga bermanfaat.


Ayam Betutu Khas Gilimanuk
Bahan:
1 ekor ayam kampung/bebek
Bumbu :
Bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunir, kencur, kemiri, cabe merah, cabe rawit, terasi, garam, jeruk nipis, minyak kelapa asli/tandusan.

Cara Pembuatan :
Semua bumbu dihaluskan, kecuali jeruk nipis. Ayam/bebek dibersihkan, kemudian rebus dengan kuranglebih 2 gelas air sekitar 1 jam. Masukkan bumbu yang dihaluskan tadi, tambahkan air jeruk nipis dan minyak kelapa asli secukupnya. Aduk-aduk hingga tercampur rata, rebus sampai air meresap dan daging ayam/bebek lunak (kira-kira 1 jam lagi). Untuk daging bebek waktu untuk merebus lebih lama (1 ½ - 2 jam).
Ayam betutu khas Gilimanuk ini disajikan dengan sambal matah, plecing kangkung dan sambal terasi. Agar terasa lengkap, sajikan kacang tanah yang digoreng. Ciri khas masakan ini rasa pedas dan dagingnya yang empuk.
Satu ekor ayam betutu Gilimanuk untuk 4-5 orang.

1 comments: