Flickr Images

Monday, August 27, 2012

CANDI BUDHA DI DESA KALIBUKBUK

Kalibukbuk adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Buleleng dekat dengan kawasan wisata Pantai Lovina. Jarak tempuh desa kalibukbuk kurang lebih 10 km dari kota Singaraja. 

Desa ini terletak di dekat pantai berbentuk teluk dengan pemandangan pantainya cukup indah. Di dasar laut terdapat bunga karang dan ikan-ikan yang berwarna indah. Bahkan di lepas pantai terdapat kehidupan ikan lumba-lumba. Semua ini merupakan daya tarik utama pariwisata yang dikembangkan masyarakat yang ternyata mampu menarik kunjungan wisatwan manca negara. 

Selain itu di desa kalibukbuk ada Candi Budha yang berdiri dengan kokoh dan telah diresmikan menjadi  tempat pariwisata yang dibuka untuk umum. Penemuan Situs Budha Kalibukbuk pertama kali dilaporkan pemilik Hotel Angsoka di Lovina tahun 1991 ketika penggalian tanah untuk pembuatan kolam yang secara tidak sengaja menemukan beberapa fragmen stupika yang sebagian telah dihancurkan oleh pekerjanya karena ketidaktahuan tentang artefak itu. Artefak yang tersisa dan berhasil diselamatkan berjumlah 80 buah stupika, 18 buah materai, dan 3 buah relief. Temuan tersebut kini disimpan di Balai Arkeologi Denpasar.

0 comments:

Post a Comment