BATIK CAP GALUH

Written By Hendrik Ssi on Thursday, August 9, 2012 | 1:59 PM

Bali memang identik dengan obyek wisata Pantainya, namun tidak sedikit para wisatawan yang berkunjung ke bali menyempatkan diri untuk mampir ke pasar tradisional sukawati yang menawarkan aneka cinderamata khas Bali seperti baju, kaos, sandal, tas dll. 

Selain Pasar sukawati ternyata di Br Tegehe, Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar terdapat pusat kerajinan batik yang diberi nama Batik Galuh.  

Batik Galuh berdiri pertama kali pada tahun 1976 oleh Bapak Pande Ketut Krisna. Dibantu saudara-saudaranya, pertenunan batik ini dikerjakan dengan alat tenun bukan mesin, pada awal berdirinya sebanyak 5 buah alat tenun. Namun seiring dengan perkembangan produksi batik, kini alat tersebut sudah bertambah menjadi 32 buah. 

Hampir setiap hari, pusat kerajinan Batik Galuh ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, karena jenis kerajinan batik yang disediakan beraneka ragam. Mulai dari kemeja batik pria, kemeja wanita, sandal bermotif batik, aneka tas batik, souvenir, dan juga kerajinan dari kayu serta patung bermotif Batik Galuh. Pengunjung juga dapat berfoto-foto dengan latar belakang batik galuh.
SHARE

About Hendrik Ssi

2 comments :

  1. I’ve been a follower on your blog for a while now and would like to invite you to visit and perhaps follow me back. Sorry I took so long for the invitation.
    Just checking back for any new posts you may have written.

    ReplyDelete