7 JAJANAN KHAS BALI (JAJE BALI)

Written By Hendrik Ssi on Thursday, August 23, 2012 | 10:51 PM

Berikut adalah 7 Jajanan Khas Bali yang banyak dijual di pasar tradisional. Sebenarnya ke 7 jajanan khas Bali ini bisa kita temukan juga di daerah lain seperti Malang, Jogja, Bandung dan mungkin ada di daerah lainnya dengan nama atau sebutan yang berbeda.

1. Jaje Godoh















Semua orang Bali atau yang pernah tinggal di Bali pasti tahu dengan jajanan yang satu ini. Jajanan yang biasa dijual di pasar atau di warung-warung ini sangat pas untuk teman minum kopi di pagi hari. Di daerah lain jajanan satu ini dikenal dengan nama PISANG GORENG.

2. Jaje Lempog













Jeje lempog bisa kita temukan di pasar tradisional. Jajanan yang terbuat dari singkong dan gula merah ini di Jawa terkenal dengan nama GETUK. Ada lagunya lho.... 'Getuk asale seko telo' (getok terbuat dari singkong).

3. Jaje Laklak




















Jajanan yang terbuat dari tepung beras ini dimakan dengan parutan kelapa dan gula merah cair. Rasanya mmmpuk dan lezat. Ternyata saya pernah menjumpai makanan yang mirip dengan jaje laklak, namanya SURABI. Bedanya kalau Surabi ada bermacam-macam rasa seperti Surabi keju, surabi susu, surabi coklat, Surabi oncom dan masih banyak lagi. Sedangkan kalau jaje laklak hanya satu versi yaitu Laklak dengan parutan kelapa dan gula merah.

4. Jaje Uli












Jajanan yang satu ini terbuat dari tepung ketan. Jaje uli banyak ditemukan pada saat ada hari raya umat hindu seperti hari raya galungan. jaje uli enaknya dimakan dengan tape ketan. Ternyata di daerah Jawa ada juga jajanan yang sama dengan jaje uli terbuat dari tepung ketan namanya JADAH.

5. Jaje Sumping









Sumping adalah jajanan yang terbuat dari tepung beras berisi pisang didalamnya, dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus. Selain sumping pisang ada juga sumping yang terbuat dari labu (waluh). Kalau di daerah Jogja sumping pisang diberi nama NOGOSARI.

6. Jaje Giling
















Jaje giling adalah jajanan yang terbuat dari tepung kanji alias aci diberi pewarna merah kemudian di pilin dan di masukkan kedalam air panas. Jaje giling ini biasanya disajikan dengan kelapa parut dan gula pasir atau gula merah cair. Ternyata di daerah Bandung saya pernah menjumpai jajanan seperti ini tapi entah apa namanya.

7. Jaje Klepon











Jajanan yang terbuat dari tepung ketan ini berbentuk bulat kecil dan berisi gula merah didalamnya. Klepon harus dimakan sekaligus, karena jika anda gigit sedikit demi seidkit, gula merahnya akan keluar dan mengotori tangan atau baju anda. Ternyata di Bandung dan Jogja juga ada jaje klepon dan namanya juga sama KLEPON.

Nah, itulah 7 keajaiban dunia jajanan yang bisa anda nikmati di Bali atau mungkin di daerah lain dengan nama atau sebutan yang berbeda. Apakah di daerah anda ada jajanan yang serupa dengan 7 jajanan khas Bali di atas?
SHARE

About Hendrik Ssi

5 comments :

  1. Kalo di Semarang..Jaje Giling itu namanya CETOT...biasanya ada banyak loh temannya..ada Putu Ayu (Semacam Bihun tanpa rasa), Lopis (semacam lontong tapi dari beras ketan)..makannya ma parutan klapa dan gula jawa cair namanya kinco,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang benar jaja giling nama lainya cetot,rasanya emang hambar,tapi klau dikasi gula aren sama parutan kelapa diisi sedikit garam,akan rasanya lebih mantap.

      Delete
  2. jaje giling nama lainnya cenilllll...
    mungkin yang dimaksud komentar di atas (bihun tanpa rasa) adalah putu mayang,karena putu ayu rasanya manis

    ReplyDelete
  3. kok 7 keajaibah hahahhahahahhahahahahahaha

    ReplyDelete
  4. Wah, bulan puasa gini buat buka pasti enak.. hehehe Kompassehat.com

    ReplyDelete