Flickr Images

Friday, January 6, 2012

PURA SAKENAN

Pura Sakenan adalah pura Dangkahyangan terletak disebuah pulau yaitu Pulau Serangan.

Pulau Serangan, lebih dikenal sebagai Pulau Penyu, adalah sebuah pulau dengan luas hanya 379 hektar dan berjarak 250 meter di lepas pantai tenggara Bali. Ukuran pulau tersebut kira-kira 112 hektar sebelum dilakukannya reklamasi di akhir tahun 90-an yang merupakan proyek jalan yang menghubungkan pulau tersebut ke Bali. Pantai di pulau ini merupakan salah satu tempat yang disukai untuk berselancar. Pulau Serangan juga terkenal bagi masyarakat Bali sebagai lokasi Pura Sakenan, salah satu Pura yang paling banyak dikunjungi untuk kegiatan keagamaan di bagian selatan Bali.

Untuk mencapai pura ini dari Denpasar menuju arah selatan dengan jarak 8,5 km, dahulu kita sampai pada suatu dermaga perahu,dan selanjutnya menyebrangi lautan melalui sela-sela hutan bakau selama 30 menit.

Ratusan umat dari seluruh Bali akan mengunjungi Pura pada Hari Kuningan, karena pada hari ini merupakan hari rahinan di Pura ini. Kuningan adalah hari yang dikhususkan untuk Dewa Wisnu yang membawa kesejahteraan bagi dunia. Untuk umat Hindu di Bali, Kuningan adalah suatu waktu dimana para leluhur kembali ke langit setelah barada di Bumi.

sumber: http://www.pawongan.com

0 comments:

Post a Comment